Banyak yang keliru membuat penilaian, mengatakan bahwa Ban Vulkanisir
Dingin lebih bagus dan lebih kuat dari Ban Vulkanisir Panas, ada juga
yang mengatakan bahwa harga Ban proses dingin lebih mahal dari yang
proses panas.
Gambar Diatas adalah hasil dari Vulkanisir masak dingin
Gambar Diatas Adalag sistem vulkanisir masak dingin dengan chamber
Apa itu Vulkanisir masak dingin dan apa juga Vulkanisir Masak Panas ?
Banyak yang keliru membuat penilaian, mengatakan bahwa Ban Vulkanisir
Dingin lebih bagus dan lebih kuat dari Ban Vulkanisir Panas, ada juga
yang mengatakan bahwa harga Ban proses dingin lebih mahal dari yang
proses panas.
Pendapat ini sama sekali TIDAK BENAR, karena Ban Baru dari pabrik ban di
proses sistem panas, Ban pesawat terbang juga hanya diproses dengan
sistem Vulkanisir Panas.
Pendapat yang salah diatas seakan-akan ingin mengatakan kalau Vulkanisir sistem Dingin lebih baik dari Ban Baru.
DAYA KONSTRUKSI Ban tergantung dari Ply Rating (lapisan benang) yg ada
pada tiap ban dan dibuat oleh pabrik ban dimana ban tersebut diproses.
DAYA LEKAT karet Vulkanisir tergantung dari pada proses pengerjaan dan bahan dasar Ban bekasnya.
DAYA JELAJAH tergantung dari pada kwalitas karet vulkanisir baik panas maupun dingin
Hubungannya yaitu sebagai berikut:
DAYA KONSTRUKSI BAN
Untuk proses pengerjaan yang benar dan bagus untuk sistem Dingin,
Kontruksi Ply Rating yang ada pada Ban tidak boleh berkurang , bila
sudah terkikis atau Ply rating sudah terbuang sebagian, maka hasil
pekerjaan Ban Vulkanisir tidak bisa sempurna.
Pekerjaan ini justru hanya bisa dikerjakan melalui proses Vulkanisir
sistem panas, karena karet vulkanisirnya masih setengah jadi dan ban
akan dicetak menurut alur batik yang ada di mold cetakan.
Sistem Dingin tidak bisa mengerjakan karena Tread liner ( karet telapak
ban) sudah jadi atau siap pakai dan hanya bisa dilekatkan pada permukaan
casing (ban) yang rata.
Jadi perbedaaannya adalah Vulkanisir Proses Dingin hanya memilih casing-casing Ban yang bagus.
Saat ini banyak pelaku usaha yg kurang bertanggung jawab memaksakan
proses Vulkanisir dingin pada casing yang sudah kurang layak.
Tetapi masih ada juga pelaku usaha yang tidak bersedia mengerjakan
proses vulkanisir pada casing-casing ban yg kurang layak, untuk dingin
maupun untuk proses panas.
DAYA LEKAT KARET VULKANISIR.
Apapun kondisi Casing ban dan apapun sistem Prosesnya, daya lekatnya
tetap tergantung pada proses kengerjaannya, disini SDM yg melakukan
tugasnya harus benar benar qualified dan bertanggung jawab melaksanakan
ketentuan2 yg benar sesuai standard pekerjaannya, artinya Ban harus
kering, bersih, lobang2 bekas paku dll harus sudah ditambal, cacat2 pada
phisik casing, somplak dll harus sdh di tutup rapat, tidak boleh ada
angin yg tersisa walau sekecil bulatan uang logam, tekanan angin dan
temperatur harus dijaga stabil, lamanya proses harus ikuti aturannya.
DAYA JELAJAH,
faktor yang paling utama adalah kwalitas karet Vulkanisir, jadi TIDAK
BENAR kalau karet Dingin lebih bagus dari karet Panas, ingat, ban baru
menggunakan karet vulkanisir sistem panas.
Ada pertanyaan, kenapa dgn kwalitas karet yang sama dan dipakai dalam
satu kendaraan tapi daya pakainya bisa berbeda, ada yg batiknya masih
tebal dan ada yg sudah tipis, jawabanya sbb:
Selain fakyor utama kwalitas karet Vulkanisir banyak faktor lain yang
mempengaruhi daya jelajah antara lain yg paling sering kita jumpai
adalah :
PASANGAN BAN TIDAK SAMA TINGGI, jadi ban yang tinggi memikul beban dan tekanan yg jauh lebih besar dari ban yg lebih kecil.
TEKANAN ANGIN TIDAK SAMA,
bila tekanan angin melampaui batas yang direkomendasikan maka telapak
ban yang menapak ke jalan tidak merata, tetapi hanya yang bagian
tengahnya, kalau ini terjadi, maka daya jelajah akan berkurang 20 ~ 50 %
dari yang seharusnya, kondisi ini bisa dilihat dari casing bekas yg sdh
gundul, apakah terkikis hanya bagian yengah atau merata.
Gambar Diatas adalah proses vulkanisir masak panas dengan mould atau cetakan
Gambar diatasa adalah contoh hasil Vulkanisir masak panas
Selain contoh diatas, masih ada juga faktor2 lain yang mempengaruhi daya jelajah ban.
Lengkap bahasan tentang vulkanisir klik disini
3 komentar
“ PELUANG USAHA” didepan anda dan akan menjadi orang sukses dengan membuka jasa vulkanisir ban ,kebutuhan ban setiap hari makin bertambah .dengan modal yang terjangkau BARATHATEHNIK menyediakan “mesin vulkanisir ban” sistim panas dan dingin dengan cara kerja yang sangat sederhana dan mudah dipelajari meski awam tentang vulkanisir . dari ban gundul yang tidak terpakai akan diproses menjadi ban baru . untuk pelatihan tenaga kerja bisa dipandu langsung oleh tehnisi kami sampai mahir.tehnisi akan datang sekalian penyetingan mesinya ,kami juga menyediakan kebutuhan karet/kompondnya , usaha ini sangat cocok bagi perusahan expedisi atau PO ,home industry ,perusahaan tambang ,perusahaan perkebunan,dan perusahaan lainya karena bisa menghemat pembelajaan ban setiap bulanya Sekali lagi kami menjual mesin dan pelatihanya ditempat lain tampa pelatihan.untuk informasi lebih detail atau bertanya masalah vulkanisir hub HP / WA 081390648858 ambilah peluang secepatnya sebelum orang lain mendahuluinya .usahakan sms sebelum telephon
ReplyAda yg jual mesin sol/vulkanisir second ga?
ReplyKlo munurut saya bagus dingin gan... Karna dingin proses nya lebih panjang... Dan ban gak gampang nglupas...
Reply