Sabtu, 02 Agustus 2014

Proses Vulkanisir Ban

Bicara tentang Vulkanisir tentu sebagian ada yang belum mengetahuinya.untuk itu silahkan baca mengenai Apa Itu Vulkanisir yang telah ditulis sebelumnya.

Pada kesempatan ini sedikit saya berbagi tentang Proses Vulkanisir Ban atau Cara Kerja Vulkanisir bisa juga Langkah Kerja Vulkanisir  atau Tahapan Proses Vulkanisir Ban.

Sekedar sedikit pengetahuan bahwa Vulkanisir ban adalah pekerjaan yang sangat harus teliti dan jeli dalam tiap tahapan atau divisi.Setiap divisi satu sama lainnya sangatlah erat hubunganannya dan tentunya berhubungan erat untuk melangkah ke tahapan selanjutnya.

Bicara soal Proses Vulkanisir Ban tentu sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Vulkanisir Ban harus mengikuti SOP atau Standar Operation Prosedure.

Sebab bila sudah sesuai dengan SOP tentunya ban Vulkanisir menjadi alternatif utama bagi pengguna ban yan semakin hari harga ban baru semakin tinggi.

Okelah daripada banyak basa basi entar keburu basi inilah Proses Vulkanisir Ban Masak Dingin yang sesuai dengan Standar Operation Prosedure (SOP) :


1.Pengumpulan Ban



 

2.Divisi Inspection ( Pemeriksaan Ban )

Divisi ini sangat dominan terhadap ban tersebut apakah layak untuk diproses vulkanisir atau tidak.Satu hal lagi divisi ini berhak menentukan ban tersebut layak di proses masak dingin atau masak panas ,masak panaspun ditentukan apakh bisa Hot Atau dialihkan Ke Full.
 

 

3.Divisi Buffing
Divisi ini adalah proses awal dari prosedure vulkanisir dengan membuang lapisan atas permukaan ban hingga menjadi seperti pada gambar agar dapat ditempel karet yang baru.


4.Divisi Skiving ( Grenda Tangan )
Divisi ini adalh membersihkan luka pada ban akibat luka benda tajam atau lainnya,yang bertujuan membentuk nantinya permukaan baru dan memperbaiki luka pada ban.


5.Divisi Repair ( Tambal Ban )
Divisi ini adalh bagian dari jantung vulkanisir karena setiap luka atau lobang baik yang tembus atau tidak tembus harus diperbaiki disini.

 

6.Divisi Cementing ( Pengeleman Ban )
Pengeleman merupakan tahapan berikutnya agar ban dapat dilengketkan dengan bahan lainnya seperti cushion gum.
 

7.Divisi Filling ( Extruder )
Divisi ini merupakan bagian dari proses vulkanisir ban selanjutnya yaitu menutupi luka bagian dari divisi skiving dengan disumbat dengan perfil melalui alat extruder gun.


8.Divisi Cushion Gum ( Pemasangan Gum )
 


9.Divisi Building ( Pemasangan Precured/Karet )
10.Divisi Pemasangan Plastik Kaca
 

 

11.Divisi Pemasangan Envelope


12.Divisi Pemasangan Ban Dalam

 

13.Divisi Pemasangan Velg Dan Ring

 

 


14.Divisi Curing ( Pemasakan Dengan Chamber )

Hal yang terpenting dan benar pada Proses Curing atau masak pada vulkanisir ban  adalah menggunakan chamber pada proses masak bannya.


 

15.Divisi Quality Control ( QC )
Jangan dianggap remeh setelah ban keluar dari chamber hal yang paling utama adalah divisi QC ,sebab divisi ini yang bertanggung jawab apakah ban tersebut layak digunakan atau di tolak .
Hal yang perlu diperhatikan di divisi ini adalah :Ply sparation,lobang atau tambalan,perhatikan bagian linner,crown,shoulder dan side wall jangan sampai ada gembung yang terlewatkan dan hal lainnya.


16.Pengiriman Ke Pelanggan.

Itulah Sebagian Proses Vulkanisir Ban Masak Dingin yang sesuai dengan Standar Operation Prosedure (SOP)

Teriring salam dan Do'a Salam Vulkanisir

15 komentar

terimakasih infonya,,
sangat menarik dan bermanfaat,,

Reply

Untuk ban duml truck apa bisa direkondisi juga gan?

Reply

Bila membutuhkan lem CG atau compon unt ban vulkanisir bisa hub saya 085233203900

Reply

Bila membutuhkan lem CG atau compon unt ban vulkanisir bisa hub saya 085233203900

Reply

PELUANG USAHA didepan anda dan akan menjadi orang sukses dengan membuka jasa vulkanisir ban ,kebutuhan ban setiap hari makin bertambah .dengan modal yang terjangkau BARATHATEHNIK menyediakan “mesin vulkanisir ban” sistim panas dan dingin dengan cara kerja yang sangat sederhana dan mudah dipelajari meski awam tentang vulkanisir . dari ban gundul yang tidak terpakai akan diproses menjadi ban baru .kami juga menyediakan mesin kerok ban atau mesin buffing.untuk pelatihan tenaga kerja bisa dipandu langsung oleh tehnisi kami sampai mahir, dan akan langsung berproduksi .tehnisi akan datang sekalian penyetingan mesinya kami juga menyediakan kebutuhan karet/kompondnya , usaha ini sangat cocok bagi perusahan expedisi atau PO /perusahaan tambang karena bisa menghemat pembelajaan ban. Atau masyarakat yang ada di wilayah area tambang atau perkebunan .Sekali lagi kami menjual mesin dan pelatihanya .untuk informasi lebih detail atau bertanya masalah vulkanisir hub HP 081390648858 usahakan sms sebelum telephon 

Reply

sangat membantu, silahkan bagi yang mau vulkanisir area jawa timur kami siap antar jemput https://vulkanisirbanmurah.blogspot.co.id/

Reply

Mau tanya alamatnya dimana?

Reply

Mohon informasi harga alat vulkanisir system dingin dan panas komplit .. kami kebetulan mempunyai unit bisnis di transportasi (Kontainer dan Trailer)
dapat di emailkan ke : abp.wahyuawn@gmail.com
kami menunggu fast respont..terima kasih

Reply

Terima kasih, infonya sangat bermanfaat.
Saya butuh info, ban yang layak di vulkanisir yang kaya gmna? Infonya bisa di kirim ke email saya filter.nurdin58@gmail.com TERIMA KASIH

Reply

Mantap ilmunya šŸ‘

Reply

I can see that each division is closely related to each other and certainly closely related to move to the next stage.

Reply

Saya menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
WA:0813-1084-9918
Terima kasih

Reply

Sangat membantu gan.terima kasih atas infonya

Reply

Mau tanya harga chamber.vulk untuk sekalai masuk 5 ban berapa y pak mksh

Reply

berapa ya harga alat/mesin yang digunakan untuk vulkanisir ban,?

Reply